PROFIL "CAR"
Kantor
PT. AJ Central Asia Raya
Pendiri
Perusahaan PT. AJ Central Asia Raya
Bpk. Soedono Salim
Bpk. Anthony Salim
Bpk. Wardojo
Didirikan : 30 April 1975 dan
beroperasi pada April 1976.
Pemegang Saham : 99.99% PT Asuransi
Central Asia (ACA).
Salim Group Konsultan : 1500
Konsultan Profesional (Agen).
Karyawan : 700 karyawan.
Kantor Cabang : 8 Kantor Regional,
29 Kantor Layanan Nasabah, 75 Kantor Pemasaran.
Profile
Perusahaan
PT A.J. Central Asia Raya didirikan
pada tanggal 30 April 1975 berdasarkan Akta Notaris Ridwan Suselo no. 357,
dengan modal Rp 500 juta. Sejak semula, seluruh pemegang saham, komisaris dan
direksi telah sepakat untuk menjadikan PT A.J. Central Asia Raya sebagai salah
satu perusahaan asuransi jiwa yang telah melalui tiga dekade dan terus
berkembang. Hal ini telah dibuktikan oleh perseroan dengan memiliki kekayaan
lebih dari Rp 3,81 triyun, risk based capital (RBC) 216%, serta satu-satunya
perusahaan asuransi jiwa dan yang pertama berhasil meraih Platinum Award dari
majalah InfoBank atas predikat “sangat bagus” selama 10 (sepuluh) tahun
berturut-turut (1999 s/d 2008).
Persaingan bisnis global menjadikan
tantangan bagi Perusahaan untuk menjadi perusahaan asuransi jiwa terkemuka di
Indonesia tidaklah mudah. Pemerintah semakin serius membenahi institusi
keuangan yang menghimpun dana masyarakat baik perbankan, sekuritas, maupun
asuransi (jiwa dan umum). Pasar asuransi semakin terbuka, sedangkan masyarakat
semakin kritis dan mengerti akan pentingnya dunia asuransi. Tahun 2012 UU
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah disahkan, maka otoritas atau regulator jasa
keuangan, khususnya jasa asuransi, pada 01 Januari 2013 akan beralih dari
Kementerian Keuangan kepada OJK. Banyak faktor untuk menjadi yang terbaik,
antara lain: dukungan pemegang saham, komitmen manajemen, kerja keras seluruh
staf, permodalan, sumber daya manusia, teknologi informasi, pemasaran,
produk-produk bermutu, dan layanan prima bagi nasabah.
Dukungan pemegang saham sangat
penting terutama dari segi permodalan, dan ini dibuktikan bahwa pemegang saham
menyetujui penambahan modal disetor sebesar Rp 100 milyar pada tahun 2008.
Jumlah modal disetor ini telah memenuhi ketentuan Pemerintah dalam bidang
perasuransian sebelum ketentuan itu diterbitkan. Hal ini sangat penting sekali
bahwa perusahaan telah mengantisipasi perubahan-perubahan regulasi dalam bidang
industri asuransi.
Komitmen manajemen (Komisaris dan
Direksi) paling berperan dalam memberikan arah bagi Perusahaan sehingga dapat
berkembang dan bertambah maju untuk menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa
terkemuka di Indonesia. Kekuatan ekonomi Indonesia menghadapi krisis keuangan
yang melanda Amerika Serikat tahun 2008/2009 dan krisis Eropah yang masih
berlanjut sampai tahun 2012 telah menjadikan manajemen semakin berkomitmen agar
perusahaan tetap bertumbuh dengan baik serta penuh kehati-hatian (prudent), dan
salah satu hasilnya adalah pertumbuhan permodalan/ekuitas selama 3 tahun
terakhir.
Kerja keras staf dan agen pemasaran
akan membuktikan bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.
Kuncinya adalah bersatu padu dalam menghadapi segala permasalahan. Kreativitas
pun bermunculan. Banyak aktivitas yang tercipta dari kreativitas ketika kerja
keras dan kebersamaan menjadi pegangan. Sebagai komitmen pelayanan kepada
nasabah terdapat 50 kantor layanan bagi nasabah CAR di seluruh Indonesia, yakni
kantor layanan utama LANCAR (Layanan Nasabah CAR) dan sub-kantor LANCAR; serta
tersebarnya jalur distribusi pemasaran yang luas seperti Keagenan, Korporasi/Group,
Bancassurance, Syariah, Employee Benefit Program/Managed Care, dan lain
sebagainya. Di samping itu, Perusahaan juga merupakan pendiri Dana Pensiun
Lembaga Keuangan (DPLK) CAR yang memiliki 11.354 peserta dengan aktiva bersih
yang dikelola sejumlah Rp 258 milyar.
Pemegang saham selalu berkomitmen
untuk tetap menjaga permodalan dalam rangka operasi perusahaan, pengembangan,
serta menjaga solvabilitas perusahaan. Tahun 2012 permodalan/ekuitas Perusahaan
lebih dari Rp 1,27 trilyun, dan diharapkan akan terus tumbuh sesuai dengan
perkembangan perusahaan. Penciptaan sumber daya manusia profesional dan handal
sangat didorong oleh perusahaan. Perusahaan akan terus mendorong agar karyawan
meningkatkan kemampuan diri sehingga menjadi tenaga profesional dan handal
dalam bidang industri asuransi jiwanya.
Perusahaan menaruh perhatian besar
pada pengembangan teknologi informasi. Perangkat keras dan lunak akan selalu
dievaluasi sesuai perkembangan pengembangan teknologi, jaringan local area network
(LAN), serta pemutakhiran piranti lunak berlisensi untuk mendukung operasi
perusahaan.
Distribusi pemasaran yang luas
merupakan obsesi pemegang saham dan manajemen untuk terus mengembangkan
perusahaan dan mendekatkan layanan kepada para nasabah. Perusahaan telah
memiliki 84 kantor penjualan didukung 47 kantor pelayanan nasabah (LANCAR) yang
tersebar di kota-kota di 33 propinsi. Ini belum termasuk dalam kerjasama dengan
perbankan maupun dengan perusahaan penunjang usaha asuransi/broker asuransi.
Produk-produk inovatif dan
menguntungkan bagi nasabah terus diluncurkan mulai dari produk asuransi jiwa
individu (perorangan), antara lain: asuransi seumur hidup, asuransi kesehatan
individu, asuransi penyakit kritis, asuransi kecelakaan diri, unit link, maupun
asuransi kumpulan seperti asuransi kredit pemilikan rumah, asuransi kesehatan
untuk karyawan perusahaan bahkan pengelolaan dana pensiun melalui Dana Pensiun
Lembaga Keuangan (DPLK) CAR. Tahun 2012, perusahaan meluncurkan produk asuansi
kesehatan perorangan – Prevensia Premier. Dan inovasi ini akan terus berkembang
di tahun-tahun mendatang.
Laporan Manajemen
Seperti tahun-tahun yang telah
dilalui oleh Perusahaan, tahun 2012 adalah tahun tantangan dengan krisi
keuangan yang terjadi Uni Eropa. Meskipun demikian perekonomian Indonesia tetap
berkembang dengan penaikan sebesar 6,23%. Penaikan ini diakibatkan oleh
peningkatan konsumsi dan investasi. Konsumsi domestik menyumbang separo dari
perekonomian dan Indonesia menjadi salah satu negara untuk tujuan investasi
luar negeri.
Tingkat inflasi Indonesia selama
tahun 2012 meningkat menjadi 4,3%, namun industry asuransi jiwa tetap bertumbuh
walaupun hanya mencapai 7%.
Perseroan membukukan pendapatan
premi sebesar Rp 648 milyar. Ini merupakan kontribusi bisnis asuransi jiwa
individu konvensional, asuranis individu unitlink, asuransi jiwa kumpulan,
asuransi kesehatan kumpulan termasuk yang dikelola oleh Employee Benefit
Program/managed care, serta unit usaha syariah.
Total kekayaan perseroan mencapai Rp
3,81 trilyun, meningkat sebesar 14% bila dibandingkan tahun 2011, yang terbagi
atas earning assets sebesar Rp 3,69 trilyun (96% dari total kekayaan).
Komposisi earning assets terhadap total kekayaan selalu dipertahankan dari
waktu ke waktu dengan kisaran sebesar 95%.
Total pendapatan investasi mencapai
Rp 283 milyar atau rata-rata mencapai 8,40% dari total dana investasi yang
dikelola, hal ini jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan rata-rata
pendapatan depositio perbankan nasional yang hanya mencapai 5,75%.
Tingkat solvabilitas (RBC) selalu
dijaga agar dalam Batas aman dan seimbang dengan pertumbuhan perseroan serta
permodalan. Pada akhir tahun 2012, RBC perseroan mencapai 216% hal ini berarti
perseroan dalam kondisi sangat sehat (solven), karena ketetentuan yang
dipersyaratkan adalah minimum sebesar 120%.
Pada tahun 2012, Jumlah agen
individu lebih dari 1.050 orang yang didukung oleh 62 cabang pemasaran
individu. Pemasaran korporasi didukung oleh 16 cabang korporasi. Untuk
pelayanan purna jual terdapat 26 kantor cabang utama pelayanan nasabah (LANCAR)
dan 21 sub-cabang. Unit usaha lain yang dimiliki perusahaan adalah Employee
Benefit Program/Managed Care yang melayani nasabah-nasabah group dengan
kategori khusus untuk program asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan
kecelakaan. Kami juga telah menyediakan dan melakukan kerjasama dengan lebih
dari 1.600 provider, (rumah sakit, klinik, apotik, dan optik).
Perseroan percaya bahwa seluruh
aspek bisnis perlu dikelola agar dapat tumbuh secara seimbang, baik segi finansial,
layanan nasabah, sumber daya manusia yang dikelola maupun kepentingan para
stakeholders. Seperti didiskusikan sebelumnya bahwa sejak 01 Januari 2013,
seluruh pengawasan industri asuransi akan beralih dari Kementerian Keuangan RI
ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bagi perseroan perubahan ini juga merupakan
tantangan tersendiri untuk menunjukan bahwa di tahun-tahun mendatang, perseroan
akan bekerja lebih baik dan lebih baik lagi.
Kami percaya bahwa seluruh visi,
misi dan nilai nilai hakiki merupakan landasan kokoh untuk menjadi YANG TERBAIK
dan Perseroan AKAN MENJADI KEBANGGAAN seluruh pemangku kepentingan atau bagi
mereka yang selalu bersama CAR.
Akhir kata, kami ucapkan terima
kasih kepada seluruh pihak terutama kepada seluruh nasabah, pemegang saham dan
seluruh staf perseroan, bahwa atas kerja sama dan kerja keras selama tahun 2012
maka perseroan dapat tumbuh menjadi seperti saat ini. Kami ingin menekankan
bahwa keberhasilan perseroan adalah keberhasilan kita bersama.
VISI :
- Menjadi perusahaan asuransi jiwa terkemuka dan sebagai barometer industri asuransi jiwa di Indonesia.
MISI :
- Menjadi perusahaan asuransi jiwa yang bertanggungjawab dan memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah;
- Menjadi perusahaan asuransi jiwa yang berfungsi sebagai “rumah” yang sehat, aman dan nyaman bagi karyawan dan aparat pemasaran;
- Menjadi perusahaan asuransi jiwa yang memiliki rasa tanggungjawab sosial yang tinggi;
- Menjadi perusahaan asuransi jiwa berkinerja sehat di bidang keuangan, pemasaran, aktuaria, dan underwriting;
- Menjadi perusahaan asuransi jiwa yang berkinerja di atas rata-rata industri.


Harrah's Cherokee Casino and Hotel - Jtm Hub
BalasHapusHarrah's Cherokee Casino and 광양 출장마사지 Hotel. 충청남도 출장안마 Location: Valley 의왕 출장샵 Center, NC. Nearby Restaurants: 구미 출장샵 Ruth's Chris 의정부 출장마사지 Steak House. Phone: (484) 572-5940